Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Tuesday, October 23, 2012

7 Cara mencontek dalam ujian

"Mencontek sama dengan rugi" berikut ini adalah macam-macam kerugian itu.
 
kertas contekan (kepe’an).
 http://www.meegoh.com/wp-content/uploads/2012/08/Cheating-in-exams.jpg
Bentuknya bermacam2 ada yang berbentuk kertas kecil yang digulung atau dilipat, sampai kertas kecil dan panjang yang dilipat-lipat.  Perkembangan terbaru yang pernah ada yaitu foto copy catatan yang sudah diperkecil skalanya, dan kertas yang telah diketik dengan komputer dan di print dalam ukuran sangat kecil dan rapi.

catatan kecil di telapak tangan
 http://www.funnyjunksite.com/pictures/wp-content/uploads/2010/07/funny-cheating-style.jpg
Cara ini biasa dilakukan untuk mencatat suatu catatan penting yang susah dihafal misalnya rumus atau suatu point penting yang rumit untuk dihafalkan.  Kebanyakan cara ini kurang efektif karena informasi yang dituliskan belum tentu keluar saat ujian dan keterbatasan telapak tangan yang hanya dapat menampung sedikit tulisan.

buku catatan atau buku paket dalam kolong
 http://lover-partners.com/handbookofcheating/wp-content/uploads/2011/11/HnadbookofCheating-BookCover.jpg
Cara menyontek yang paling ekstrim namun bila berhasil diterapkan akan sukses besar. Tetapi cara ini paling jarang digunakan kecuali oleh siswa yang the hero of  mencontek dan umumnya agak bandel di kelas.  Hal yang menunjang untuk melakukan ini adalah meja ujian yang memiliki sorokan/kolong yang lebar dan tidak nampak.  Posisi duduk juga mempengaruhi dalam pelaksanaan misi rahasia ini.

Bahasa tubuh
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3uytgIfxbuQXqxiF1NHRuF4AaJLjb4ZdfVGek4t06ZaAumsD-XHIlY-3XpOvS7AlZ0CnJIASr_S2dK_gLVL6devasiXEs0gQxMuzrtMGQ7K8lL-DtUL8X3KZPctcygQTrzD3UDWXuWy6d/s1600/cheating_in_exam.jpg
Hal ini membutuhkan kekompakan yang baik diantara siswa.  Dalam pelaksanaannya biasanya mereka merancang kode-kode untuk saling berkomunikasi, misal jawaban A pegang hidung, Jawaban B garuk2 kepala, Jawaban C batuk.. dan banyak trik lainnya.

Melirik kanan-kiri
 http://jingreed.typepad.com/.a/6a00d8341c73fe53ef0115702100f7970b-800wi
Cara ini paling gampang diterapkan dan paling lazim digunakan, tetapi ini tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama karena akan membuat mata pelaku menjadi pusing sehingga kehilangan konsentrasi untuk mengerjakan soal berikutnya.  Kelalaian dan kelengahan teman sebelah saat mengerjakan ujian membuat kesempatan bagi siswa untuk melihat jawabannya.

Penyalagunaan teknologi
 http://urbantitan.com/wp-content/uploads/2010/10/phone-cheating-onlinedegrees-org.jpg
Cara ini jarang dilakukan karena susah untuk menerapkannya, disamping ukuran HP dan BB yang cukup mencolok, cahaya yang ditimbulkan dari layarnya juga mudah menarik perhatian.  Selain itu sudah ada aturan yang melarang siswa untuk membawa HP saat ujian.

karya di WC
 http://www.thenewage.co.za/cms/gall_content/2012/9/2012_9$thumbimg103_Sep_2012_102116298-ll.jpg
Cara ini agak kurang efektif karena hanya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan tidak bisa sering karena bakalan mencurigakan.  Kalau terlalu sering pengawas akan curiga karena sering izin ke belakang.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates