Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sunday, November 18, 2012

Fakta Unik : Singa

http://animals.catchsmile.com/wp-content/uploads/2011/06/Lion-25.jpg
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Famili : Felidae
Genus : Panthera
Species : P. Leo
Nama binomial
Panthera Leo

Singa atau sering kita sebut sebagai si Raja Hutan ini ternyata memiliki fakta-fakta yang jarang diketahui banyak orang. Singa ( Sansekerta : Simha ) atau dalam nama ilmiahnya Panthera leo adalah seekor hewan dari keluarga Felidae atau genus kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Bias any terdiri atas seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaanya.  Berat singa kurang lebih antara 150 kg (betina) dan 225 kg (jantan). Berikut adalah fakta unik lainnya :

1. Jika seekor singa hidup bebas di alam liar, masa hidup mereka hanya berkisar antara 12-16 tahun. Tapi jika mereka hidup di penangkaran, usia mereka bisa mencapai 25 tahun. Berbanding jauh yah teman-teman, hidup di alam bebas memang kejam.
2. Seekor singa dewasa dapat mengaum sangat kencang, auman mereka dapat terdengar hingga 5 mil. Itu berarti sejauh 8km, bukan main jauh.
3. Singa itu satu-satunya dari keluarga kucing yang hidup berkelompok. Coba aja deh kalian liat kucing di pinggir jalan, mana ada yang berkelompok.
4. Seekor singa gunung dapat melompat jauh lebih kuat di banding singa biasa. Itu disebabkan karena otot kaki belakang mereka lebih panjang dari kaki depannya sendiri.
5. Singa gunung juga memiliki kapasitas terbesar dari setiap mamalia di belahan barat setelah manusia

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates